Menparekraf Pastikan Lanjutkan Program Bekraf

Bekraf, Jakarta—Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio memastikan akan melanjutkan program yang telah dilakukan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang ditambah dengan terobosan dan pemikiran baru untuk mengembangkan ekonomi kreatif (ekraf) nasional.

“Terimakasih kepada Kang Triawan Munaf yang tidak hanya berjasa untuk Bekraf tapi juga secara individu membantu pelaku kreatif mewujudkan imajinasi dan kreasi. Ke depan, saya pastikan apa yang telah dilakukan, akan terus dikembangkan dan dilanjutkan sehingga membuat masyarakat bangga dengan bangsa ini,” ungkap Wishnutama saat acara Pisah Sambut Kepala Bekraf-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Co-working space Bekraf, Gedung Kementerian BUMN lantai 15, Kamis (24/10/2019).

Wishnutama menyampaikan bidang ekraf bukan hal baru dan siap berdialog dengan asosiasi yang selama ini menjadi mitra Bekraf. Mantan CEO NET Mediatama Televisi ini mengungkapkan akan lebih menekankan delivered, tak hanya sent, seperti arahan Presiden Joko Widodo. Meski baru di birokasi, dia juga mengaku tak ingin terjebak dalam proses tapi akan fokus pada hasil yang mengutamakan kualitas. Oleh karena itu, berbagai inovasi dan terobosan baru akan dilakukan.

Lebih lanjut, dia menyampaikan akan mengkolaborasikan antara ekonomi kreatif dengan pariwisata,. Salah satunya adalah kolaborasi antara subsektor kuliner dengan pariwisata melalui penyusunan standar bagi restoran Indonesia di luar negeri, mulai dari menu hingga desain interior yang menunjukkan kekhasan budaya Indonesia untuk menarik wisatawan datang ke Indonesia.

“Saya juga sudah sampaikan ke Presiden kalau promosi pariwisata bisa dilakukan melalui film, karena sudah bukan saatnya lagi pemasaran dengan menyebar pamphlet. Akan ada minimal satu film untuk promosi wisata dalam satu tahun,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Bekraf Triawan Munaf menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang membantu mengembangkan ekonomi kreatif. Diakuinya banyak kesan emosional selama memimpin Bekraf sejak 2015 silam.

“Saya ucapkan terimakasih sedalam-dalamnya atas dukungan dari internal dan eksternal Bekraf. Saya tidak menyesal meninggalkan Bekraf karena saya meninggalkan kepada teman yang tahu dan paham mengenai ekonomi kreatif,” ungkapnya saat menyampaikan sambutan.

Triawan juga mengingatkan supaya birokrat di Bekraf dapat lebih fleksibel dan informatif. Selain itu, dia juga menekankan untuk tidak korupsi. “Mari kita dukung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menjalankan tugas barunya sehingga ekonomi kreatif bisa naik ke level yang lebih tinggi,” pungkasnya.

Acara Pisah Sambut tersebut dihadiri tidak hanya pegawai Bekraf tapi juga perwakilan pelaku kreatif dan asosiasi yang selama ini menjadi mitra Bekraf. Dalam kesempatan tersebut, beberapa perwakilan pelaku kreatif juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Bekraf dan menyambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pelaku kreatif berharap kerja sama dan hubungan baik yang selama ini telah terjalin dapat diteruskan dan ditingkatkan.